Selamat datang di blog Rizal Assocciation Multimedia Dua, selamat membaca, Enjoy | Official blog RVH-art Photography

24 May 2014

10 Teknologi masa depan yang sedang dikembangkan

     Teknologi berkembang sangat cepat di dunia, berbagai teknologi telah diciptakan. Namun tahukah anda bahwa masih banyak lagi teknologi-teknologi yang ada di pikiran manusia dan bisa dibilang sebagai khayalan bahkan mustahil untuk di ciptakan.


Berikut beberapa teknologi masa depan yang sedang dikembangkan manusia :


1. Nanoteknologi


 
     Nanoteknologi adalah teknologi masa depan yang dapat membantu manusia untuk memanipulasi partikel-partikel kecil yang hanya seukuran atom. Nanometr mempunyai ukuran 1 per semilyar meter yang mungkin sangat kecil sekali dan sulit di pegang dengan tangan kosong. Sebagai tujuannya nanoteknologi diperkirakan mampu menciptakan
material-material baru di masa depan.




2. Asisten Robot 

asisten robot

     Dari tugas-tugas sederhana seperti membuka pintu untuk membantu pasien lumpuh untuk berjalan, robot telah menjadi jauh lebih maju daripada sebelumnya.
Bahkan, sebuah studi baru memperkirakan bahwa setiap rumah akan memiliki asisten robot untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga biasa dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.


 


3. Space Elevator (Lift ke ruang angkasa)
     Space Elevator ini yang sedang giat-giatnya dikembangkan oleh Negara jagoan robot dunia yaitu Jepang. Ini merupakan elevator ruang angkasa dengan kabin berkapasitas 30 orang yang akan membawa manusia dari bumi menuju stasiun luar angkasa dalam waktu delapan hari.





4. Driverless Car (Mobil tanpa pengemudi)

      Teknologi-teknologi pendukung mobil tanpa pengemudi sudah ada seperti GPS, line departure warning system dan self-parking feature. Tinggal menunggu saja untuk mewujudkan driverless car tersebut.


 
5. Daging Buatan

daging buatan

      Dalam upaya untuk melindungi lingkungan, para ilmuwan Belanda melirik ke laboratorium pertumbuhan produksi daging. Para ilmuwan mengatakan bahwa daging buatan dapat meningkatkan efisiensi sedikitnya 35%. Praktek ini mengubah sel induk dari hewan ke strip panjang dari jaringan otot, yang kemudian dapat dihaluskan bersamaan untuk membuat kue pastel. PETA berharap untuk melakukan hal yang sama pada ayam pada akhir Juni. 

 
6. Pembaca Pikiran

pembaca pikiran

      Selama lima tahun ke depan, IBM berharap untuk mengembangkan sebuah komputer yang merespon melalui pikiran kita. Seseorang memakai headset, dimana headset tersebut dapat mendeteksi sinyal dari otak, dan mengirimkannya ke komputer dan memberitahu mesin apa yang harus dilakukan.
Komputer kemudian memetakan sinyal ke sebuah tindakan, yang mengajarkan mesin secara khusus untuk mengadaptasi pikiran anda.




7. Scramjet


     Scramjet akan terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara. Dibandingkan dengan Raptor milik Amerika yaitu pesawat tercanggih saat ini yang maksimal kecepatannya  2 kali kecepatan suara.
Jika kita sedang tinggal di New York dan ingin pergi ke Tokyo menempuh waktu yang cukup lama yaitu 18 jam (1080 menit), jika ditempuh dengan menggunakan pesawat Scramjet waktu yang ditempuh hanya 120 menit.

 

8. Membuat Pangkalan Di Bulan

pangkalan di bulan

      Untuk lebih mengeksplorasi kehidupan di bulan, lembaga antariksa sudah melirik untuk membangun pangkalan permanen. Ini berarti membangun pangkalan di bulan atau meluncurkan sebuah stasiun yang mengorbit dibulan.


9. Listrik Nirkabel

 
      Kabel menjadi sesuatu yang sudah ketinggalan zaman. Banyak perusahaan yang sudah bekerja untuk membuat pengisian listrik ponsel secara nirkabel, dan kemungkinan perangkat lain akan mengikutinya. 


10. 3D Printer (Pembuat rumah)

      Printer 3D memang sudah ada dan dikembangkan sebagai alat cetak gambar 3 dimensi. Teknologi Printer terbaru dalam bentuk 3 dimensi ini juga dikenal sebagai prototipe cepat atau stereolithography dimana sebuah objek 3 dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan. Teknologi 3D printer ini akan menjadi alat cetak yang booming dimasa yang akan datang.
      Jadi kita bisa membayangkan suatu saat nanti desain rumah rancangan Anda tidak akan dibangun tukang, tetapi di print dengan printer besar dan muncul sebagai unit-unit rumah yang bisa Anda miliki dalam hitungan jam.
     
Satu-satunya bagian rumah yang tidak diprint adalah bagian atap, menunggu sehingga teknologi ini lebih tinggi lagi untuk bisa melakukan print atap. Bangunan kantornya sendiri yang seluas 10.000m2 juga dibangun dengan teknologi print 3D tersebut.
 


    Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan hidup manusia, akan tetapi bukan berarti kita manjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut bahkan hingga menjadi suatu habbit dan akan menjerumuskan para manusia kedalam ketiakproduktifan karena terlalu bergantung pada yang namanya alat instan. Sebenarnya manfaat terknologi adalah untuk meningkatkan taraf dan kualitas peradaban manusia di bumi ke tingkat yang lebih baik. Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

No comments:

Post a Comment